Luis Suarez yang kontroversial


Luis Suarez adalah pemain sepakbola berkebangsaan Uruguay yang merupakan pemain yang beberapa kali melakukan ulah yang menjadi sorotan dunia terutama sepakbola. Beberapa tindakan kontroversial yang pernah dilakukan Luis Suarez yaitu :
Awet Muda

  • Pernah menggigit lawan
Pada waktu itu Suarez masih membela Ajax Amsterdam pada laga melawan PSV Eindhoven (liga Belanda) saat jelang pertandingan berakhir muncul keributan yang melibatkan dua pemain tengah dan di tengah keributan tersebut Suarez menggigit bahu Otman Bakkal (pemain PSV).
  • Pernah menahan bola dengan tangannya
Saat membela negaranya Uruguay melawan Ghana pada Piala Dunia Tahun 2010 Suarez menahan bola dengan tangannya secara sengaja saat bola hampir masuk ke gawang Uruguay. Walaupun Suarez menjadi penyelamat karena dengan tidak masuknya bola tersebut menjadikan laga diakhiri dengan adu pinalti menyebabkan Suarez menjadi musuh nomor satu publik Ghana karena Ghana gagal lolos ke semifinal saat dikalahkan oleh Uruguay lewat adu pinalti.
  • Pernah bertindak rasis
Suarez mendapat tuduhan serius oleh FA karena dianggap bertindak rasis terhadap bek MU; Patrice Evra  dalam laga Liverpool VS MU di Anfield Oktober 2011. Walaupun Suarez sudah meminta maaf dan menyatakan bahwa dia selalu menghormati semua orang dan tidak pernah melecehkan mereka serta ingin bermain dilapangan hijau dan tidak ingin membuat konflik namun, Komisi Disiplin Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menyatakan kalau Suarez bersalah.

  • Pernah menunjuk jari tengah kepada suporter Fulham
 Saat itu Suarez masih terbelit kasus rasisme namun Suarez masih berulah saat Liverpool Vs Fulham dengan melayangkan tindakan yang tidak pantas kepada suporter Fulham. Namun tindakan Suarez dipicu oleh publik yang meneriaki Suares sejak awal laga karena bertindak rasis kepada Evra.

  • Menolak Berjabat Tangan dengan Patrice Evra
Karena tuduhan yang disematkan kepadanya Suarez yang menyebabkan hukuman larangan 8 kali pertandingan menyebabkan Suarez enggan membalas ajakan jabat tangan Patrice Evra, jelang laga Liverpool VS MU 2012.

Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh Suarez adalah tindakan kurang profesional dan kurang dewasaya seseorang dalam menghadai sebuah situasi. Mungkin dengan beberapa tindakan yang tidak pantas tersebut dapat memberikan gambaran untuk ke depan semua pemain bola harus mengedepankan profesionalitas dan kedewasaan.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter