Contoh RPP IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Satuan pendikdikan     :
Mata Pelajaran                      :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                     :  10 / 1
Pertemuan ke                        :  1 dan 2
Alokasi Waktu                      :  4 jam pelajaran @ 45 menit (180 menit)
Standar Kompetensi              :  2. Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
Kompetensi Dasar                 : 2.1. Mengidentifikasi jenis limbah
KKM                                    : 70
Pendidikan karakter               :  Kemampuan Kerja Kelompok

I.   INDIKATOR                    
Pertemuan 1


Pertemuan 2


Mengerjakan tugas dengan kelompok


II.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar ini adalah peserta dapat mengidentifikasi jenis limbah dan mampu melakukan kerja kelompok

Pertemuan 1
Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat :
·         Menjelaskan pengertian limbah dengan benar
·         Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawanya
·         Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan wujudnya
·         Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan sumbernya
Pertemuan 2
·         Mengidentifikasi jenis limbah yang dapat dimanfaatkan berdasarkan proses daur ulang
·         Mengidentifikasi jenis limbah yang dapat dimanfaatkan berdasarkan proses tanpa daur ulang
·         Mengidentifikasi jenis barang yg berasal dari pemanfaatan limbah berdasarkan proses daur ulang
·         Mengidentifikasi jenis barang yg berasal dari pemanfaatan limbah berdasarkan proses tanpa daur ulang


III.   MATERI AJAR
Limbah dan jenisnya :
·         Pengertian Limbah
·         Jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya
·         Jenis limbah yg dapat dimanfaatkan dg proses daur ulang dan tanpa daur ulang
·         Jenis barang yg berasal dari pemanfaatan limbah dg proses daur ulang dan tanpa daur ulang

IV.  METODE PEMBELAJARAN
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Observasi
·         Kerja kelompok
·         Diskusi
·         Presentasi

V.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a.  Kegiatan Awal (15’)



b.  Kegiatan Inti
1. kegiatan eksplorasi


2. kegiatan elaborasi


3.    Kegiatran konfirmasi


c.  Kegiatan Akhir



Pertemuan 2
a.  Kegiatan Awal (10’)



b.  Kegiatan Inti (60’)
1. eksplorasi


a)  Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dg proses daur ulang dan tanpa daur ulang
b)  Jenis barang yg berasal dari pemanfaatan limbah dg proses daur ulang dan tanpa daur ulang

2. elaborasi
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang:
a). Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dg proses daur ulang dan tanpa daur ulang
b). Jenis barang yg berasal dari pemanfaatan limbah dg proses daur ulang dan tanpa daur ulang.
3. konfirmasi



c.  Kegiatan Akhir (20’)



VI.    ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

  1. LCD & Laptop
  2. CD/plasdis
  3. Lembar diskusi
  4. Soal post test beserta perangkat penilaiannya
  5. Modul/bahan referensi
  6. Sekolah (bengkel) sebagai sumber belajar


VII.  Penilaian
1.    Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.    Tugas berupa hasil diskusi kelompok
3.    Diskusi kelompok tentang :


4.    Aspek yang dinilai:
a.    Hasil diskusi
b.    Tes Hasil belajar
c.    Kecakapan sosial

Semoga Bermanfaat

Label: